Perkembangan Teknologi Tahun 2050 Dari Berbagai Aspek

Pada kenyataannya film-film Hollywood sudah banyak yang memberikan suguhan teknologi yang luar biasa di dalam ceritanya. Beberapa diantaranya:

(1).Pacific Rim (2013)

Dalam Film:

Seperti serial kartun klasik Pat labor, Pacific Rim menggambarkan robot-robot besar yang dikemudikan oleh manusia.

Kenyataan:

Telah ada pengembangan sebuah robot layaknya di film ini. Suidobashi Heavy Industries dari Jepang berhasil membuat sebuah robot setinggi 3 meter seberat 6 ton yang dikemudikan oleh manusia. Robot tersebut diberi nama Kurata.

(2).Elysium (2013)

Dalam Film:

Elysium menghadirkan sebuah baju tempur dalam model exoskeleton yang bisa memberikan kekuatan berlebih untuk siapa yang memakainya.

Kenyataan:

Teknik exoskeleton juga sudah ditemukan di kehidupan nyata. Di pembukaan piala dunia 2014, penendang bola pertama adalah seorang yang lumpuh, namun dia menggunakan full-body exoskeleton yang digerakkan dengan pikiran.

(3).Eternal Shunshine of The Spotless Mind (2004)

Dalam Film:

Film ini menceritakan sebuah alam di mana ingatan bisa dihapus seperti membuang sampah.

Kenyataan:

Belum ada teknologi pasti untuk melakukan hal ini, tetapi para ilmuwan sudah mengembangkan sebuah penghapus ingatan yang sukses dilakukan kepada tikus-tikus percobaan. Disebut denga obat HDAC2, obat ini bisa menghapus trauma dalam otak tikus, jika obat ini sudah disempurnakan penemuan ini berguna untuk para penderita post-traumatic stress disorder (PTSD).

(4).Her (2013)

Dalam Film:

Dalam film Her digambarkan sebuah operating system yang mempunyai perasaan, bahkan bisa jatuh cinta dengan pemiliknya.

Kenyataan:

Sejauh ini asisten dengan kecerdasan buatan baru tercipta dalam bentuk Google Now atau Siri (dari Apple Inc.). Tetapi seorang ilmuwan bernama Ray Kurzweil percaya jika di tahun 2029 hal yang ada di film Her bisa benar-benar terjadi.

(5).Iron Man (2008)

Dalam Film:

Jarvis adalah sebuah program kecerdasan buatan yang membantuk Tony Stark (Robert Downey Jr.) dalam menyelesaikan semua penelitiannya, dalam trilogi film Iron Man (2008-2013) sering muncul tampilan komputer modern, layaknya menggunakan layar hologram yang digunakan oleh Tony Stark.

Kenyataan:

CEO Space X, Elon Musk sudah mulai mengembangkan sebuah laboratorium seperti yang muncul di film Iron Man. Tahun 2013 lalu Musk pernah mempresentiasikan sebuah desain menggunakan gerakan tannganya, pada waktu itu Musk masih menggunakan sebuah sensor gerak, sebuah Oculus Rift dan Proyektor.

Akan ada teknologi yang canggih yang sebelumnya tidak terpikir oleh manusia akan hadir di tahun 2050, tentunya diharapkan teknologi yang akan hadir dapat membantu manusia dan tidak merusak ekosistem yang ada di alam sehingga keadaan di bumi masih dapat dinikmati oleh manusia mendatang. Diharapkan teknologi akan membantu menciptakan keharmonisan antar sesame manusia.

Mungkin di Tahun 2050 akan ada peningkatan jaringan internet sampai dengan 100 kali lipat, kemudian system operasi computer akan setara dengan satu bumi otak manusia. Jaringan untuk menstransfer data akan sangat canggih. Teknologi transportasi akan meningkkat dengan pesat, mobil terbang dan membuat jalur di udara. Makanan akan banyak yang instan tetapi dengan kadar gizi yang baik. Akan lebih banyak jaringan perangkat yang online daripada manusianya. Robot akan hidup berdampingan dengan manusia.

Pada tahun 2050 NASA akan membuka wisata ke Mars atau Bulan. Baju selam akan lebih canggih sehingga memudahkan untuk menyelam di laut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s